Asyiknya nge-blog (tentu saja buat yang suka menulis), sekarang mereka sangat dimanjakan oleh banyak situs blogger di Internet yang free dan canggih. Kita tinggal menuangkan ide-ide saja. Selebihnya, seperti disain page (blog), text editor, dan banyak fitur lainnya sudah tersedia. Konon katanya, fenomena blog ini “menyisihkan” situs-situs yang dibuat sendiri.

Dulu kalau kita ingin “tampil diri” di dunia maya ini perlu mendisain sebuah web site, yang sangat mungkin tidak setiap orang bisa. Dengan demikian, jasa seorang web developer diperlukan. Tidak halnya dengan blogger, cukup sign up yang dipandu dengan wizard, dan cukup diselesaikan dalam beberapa tahap yang memakan waktu beberapa menit saja, maka jadilah “web site” kita, dengan format yang paling cocok.

Tidak mudah mendisain sebuah tampilan. Tapi di blogger, termasuk WordPress, sudah disediakan template untuk latar atau tema (theme) dari blog kita. Theme berarti isi blog kita kira-kira akan ditampilkan seperti apa? Kulihat cukup banyak di sini (WordPress) dan cukup bervariasi. Ada beberapa yang aku suka, seperti Emir, MistyLook dan The Journalist v.1.9. Yang disebut belakangan akhirnya aku pilih, karena dia tampak sederhana tapi elegan, seperti penampilan seorang jurnalis profesional, begitulah kira-kira komentarnya.

Lagi-lagi kesederhanaan hampir selalu menjadi tema yang aku pilih dalam banyak hal, termasuk dalam theme blog ini. Dan pilihanku jatuh pada The Journalist v.1.9 karya Lucian E. Marin. Bahkan aku tidak tahu siapa mr. Lucian E. Marin, tapi aku suka dengan disainnya. Anyway, thanks!

ISC-Telkom lt.4, Jl. Japati, Bandung