Simple Past (Tense)

Menunjukkan bahwa sebuah aktivitas atau situasi yang telah dimulai dan berakhir pada waktu tertentu di waktu lampau. Dengan kata lain, pada saat dituturkan kejadian tersebut, sudah berakhir.

Perhatikan contoh-contoh berikut ini.

(a)    I walked to school yesterday.

Saya berjalan (pergi) ke sekolah kemarin.

Pada saat dituturkan, bahwa kejadian tersebut sudah berakhir, karena terjadi kemarin.

(b)   He lived in Paris for ten years, but now he is living in Rome.

Dia tinggal di Paris selama 10 tahun, tetapi sekarang dia tinggal di Roma.

Sebelumnya, dia selama 10 tahun tinggal di Paris. Sekarang dia sudah tidak tinggal lagi di sana dan tinggal di Roma.

(c)    I bought a new car three days ago.

Saya membeli sebuah mobil baru tiga hari yang lalu.

Kejadiannya sudah selesai, karena membeli mobil dilakukan tiga hari yang lalu.

Jika sebuah kalimat mengandung kata “when” dan memiliki bentuk “simple past” di kedua sub kalimat (klausa)-nya, mengandung makna bahwa kejadian atau tindakan yang menggunakan klausa “when” terjadi terlebih dahulu. Contoh pada (d) Pertama-tama hujan turun (the rain began), baru kemudian saya berdiri di bawah pohon (I stood under a tree.)

(d)   I stood under a tree when it began to rain.

Saya berdiri (berteduh) di bawah sebuah pohon, ketika hujan mulai turun.

(e)    When she heard a strange noise, she got up to investigate.

Ketika saya mendengar suara aneh, saya bangun untuk menyelidiki (mencari tahu).

Kejadiannya, pertama-tama terdengar suara aneh, baru kemudian dia bangun untuk menyelidiki.

(f)     When I dropped my cup, the coffee spilled on my lap.

Ketika saya menjatuhkan (tanpa sengaja) cangkir saya, (air) kopi tumpah di atas pangkuan saya.

Pertama-tama, karena cangkir terjatuh, baru kemudian air kopi tumpah ke pangkuan saya.

Past Progressive

Menyatakan dua kejadian yang terjadi bersamaan di masa lampau, tetapi kejadian pertama berlangsung lebih dahulu dan masih tetap berlangsung ketika kejadian lainnya terjadi.

Contoh:

(g)    I was walking down the street when it began to rain.

Saya sedang berjalan menuju jalan raya ketika hujan mulai turun.

Jadi setelah hujan turunpun, saya masih tetap sedang berjalan menuju jalan raya.

(h)    While I was walking down the street, it began to rain.

Sementara saya berjalan menuju jalan raya, hujan mulai turun.

(i)      I was standing under a tree when it began to rain.

Saya sedang berteduh di bawah pohon, ketika hujan mulai turun.

Setelah hujan turunpun, saya masih tetap berteduh di bawah pohon.

(j)     At eight o’clock last night, I was studying.

Pada jam 8 malam lalu, saya sedang belajar.

Saya memulai belajar sebelum jam 8 dan pada saat itu masih mungkin sedang berlangsung.

(k)   Last year at this time, I was attending school.

Kadang-kadang “past progressive” digunakan di kedua bagian dalam sebuah kalimat ketika dua tindakan atau kejadian sedang berlangsung pada saat yang bersamaan.

(l)      While I was studying in one room of our apartment, my roommate was having a party in the other room.

Sementara saya sedang belajar di sebuah ruangan di apartemen kami, teman sekamar saya sedang melangsungkan pesta di ruangan lain.

Kedua aktivitas itu berlangsung secara bersamaan.

Dalam beberapa kasus, baik “simple past” ataupun “past progressive” mempunyai arti yang nyaris sama.

(m)  It rained this morning.

(n)    It was raining this morning.

Kedua kalimat di atas maknanya kurang-lebih sama dan keduanya dibenarkan.

Pines Valley, 20100625 01:05