Le chateau atau kastil (bahasa Indonesia) atau juga castle (bahasa Inggris) yang menurut kamus Oxford Advanced Learners Dictionary artinya sebagai berikut: “a large strong building with thick high walls and towers, built in the past by kings or queens, or other important people, to defend themselves against attack”atau kira-kira “sebuah bangunan yang kokoh dan besar dengan dinding-dinding dan menara-menara yang tinggi dan tebal, yang dibangun oleh para raja dan ratu di masa lalu, atau orang-orang yang penting, untuk mempertahankan dirinya dari serangan (pihak-pihak yang memusuhinya)”. Dan kastil Chambord yang dibangun oleh Raja François I ini, konon katanya kastil terbesar di Perancis dan menjadi tujuan pertama dari studi ekskursi tim Cours d’Ete.

Berangkat dari Nancy jam 11 malam, sampai di sana yang berada di wilayah Valley de la Loire pagi-pagi sekali. Lupa mencatat waktunya, tetapi yang pasti masih sangat pagi dan kedinginan. Para perempuan tidak sedikit yang antri untuk pipis, sementara saya asyik memoto beberapa area di sekitar tempat parkir, disela-sela les animateurs (=panitia) sibuk menyiapkan sarapan pagi.

Baru kemudian saya memasuki area Le Chateau de Chambord setelah seorang etudiant (siswa) yang saya tahu berasal dari Spanyol mengajak saya untuk melihat-lihat lebih dekat dan katanya kalau mau memoto di sana saja. “Vous êtes espagnol?” (Apakah anda orang Spanyol?) saya mencoba menyapanya. “Oui, mais je suis né au Luxembourg!” jawabnya (=Ya, tetapi saya lahir di Luxemberg). Kemudian dia menjelaskan bahwa sepengetahuannya ini adalah kastil terbesar di Perancis. Melihat saya kedinginan dia sempat menyela, “Anda kedinginan?”. Saya jawab, “Ya, dingin sekali di sini!”. Tentu obrolan itu pun dalam bahasa Perancis.😀

Ini memang kastil besar dengan halaman rerumputan yang indah. Sayangnya, kastil ini tampaknya sedang direnovasi sehingga tidak bisa melihat bagian dalamnya. Kita hanya bisa melihat-lihat di seputar kastil. Tamannya bagus-bagus dan terawat rapi. Lingkungan di sekitar hijau dengan reruputan dan pepohonan. Tapi banyak yang bilang bahwa kastil yang paling indah adalah Chenonceau. Namun demikian, ini kastil terbesar dengan lingkungan yang sangat luas, selain dikelilingi hutan juga terdapat sejumlah taman rumput dan labirin. Barangkali, kastil ini menjadi prestise atau kebanggan penguasa di jaman dulu, tidak sekedar menjadi benteng pertahanan.

Nancy, 09 Juillet 2012

—oOo—