Banyak yang mengatakan bahwa Cheanonceau (=senongso) adalah kastil yang paling cantik di antara semua yang ada. Ukurannya tidak sebesar Chambord, tetapi di sini terdapat taman bunga yang indah dan bangunannya memang indah dengan dikelilingi sungai (?) seperti yang sering kita lihat di film-film. Tetapi yang paling pokok bahwa, kita bisa melihat isi dari kastil tersebut.

Semua ruang bisa dilihat, dari mulai kamar para raja sampai ke dapur tempat mencincang daging misalnya. Lukisan-lukisan di sana pun lengkap. Termasuk dipajang lukisan dari Raja Louis XIV yang sangat terkenal itu. Raja yang mengatakan bahwa “L’état c’est moi” (=leta semwa, negara adalah saya) dikarenakan kekuasaan raja yang absolut.

Saya tidak tahu banyak tentang kisah-kisah kastil di Perancis ini. Hanya saja dulu sempat baca novel Michael Crichton yang berjudul Timeline yang menceritakan pendudukan raja-raja Inggris terhadap wilayah-wilayah Perancis. Dan disitu banyak diceritakan kastil-kastil. Karena sudah lama membacanya, jadi saya sama sekali tidak ingat nama-nama kastil yang diceritakan. Jika sekarang membaca ulang novel tersebut, mungkin nama Chenonceau atau Chambord disebut-sebut dan akan lebih terbayangkan ceritanya. Apalagi Crichton seorang penulis yang sangat bagus menggambarkan keadaan suatu tempat sehingga terasa kita berada di situ.

Yang menarik di sini adalah tentang turis-turis lokal. Saya melihat ada sekelompok turis-turis lokal kecil yang sedang dijelaskan oleh pembimbing seniornya. Dan mereka duduk dengan seksama menyimak setiap penjelasan sang senior. Mungkin sejarah ditanamkan di mereka sejak dini, supaya mereka tidak lupa dengan masa lalu mereka. “Jas Merah” kata Bung Karno, “Jangan Melupakan Sejarah”, karena sejarah akan mempertebal jati diri kita. Kita bangga sebagai suatu bangsa. Tapi tampaknya di negeri kita pelajaran sejarah agak kurang diminati. Saya tidak yakin anak-anak kita akan seserius anak-anak di sini ketika dijelaskan masa lalu dari nenek moyangnya. Atau mungkin cara penyajian materi sejarah itu yang kurang menarik?

Nancy, 14 Juillet 2012

—oOo—